Spotify dan Tencent Music membeli satu saham lainnya

Spotify dan China's Tencent Music Entertainment akan membeli saham minoritas satu sama lain, kata perusahaan tersebut.


Baik nilai kesepakatan maupun ukuran kepemilikan saham baru tidak diungkapkan, namun laporan menunjukkan bahwa keduanya akan mengambil 10% saham.
Pemilik Tencent Music Entertainment, Tencent Holdings, juga akan secara terpisah membeli saham minoritas di Spotify.

Spotify diluncurkan pada tahun 2008 dan sekarang menyediakan streaming musik kepada 140 juta pengguna di seluruh dunia, dimana 60 juta membayar langganan gratis iklan premium.

Kesepakatan tersebut memberi Spotify keterpaparan pada pasar konsumen musik China, karena negara ini bukan satu dari 61 wilayah yang saat ini beroperasi.
Perusahaan ini secara luas diperkirakan akan mencatatkan sahamnya di pasar saham tahun depan.

Meski rincian kesepakatan tersebut tidak jelas, ia mengirimkan sinyal kepada investor bahwa Spotify sedang berpikir keras tentang strateginya di China, kata analis industri musik Mark Mulligan, managing director di MIDiA Research.

"China sangat banyak memiliki missing link untuk Spotify," katanya. "Seiring kemajuannya dalam daftar publik, itu benar-benar sebuah kotak yang perlu dicentang untuk meyakinkan investor bahwa itu benar-benar pemain global."

Tencent Music Entertainment memiliki perusahaan streaming musik QQ Music dan KuGou, yang memiliki basis pengguna bulanan gabungan 450 juta orang.

Perusahaan induknya adalah salah satu raksasa internet China, yang dikenal dengan aplikasi WeChat dan investasi yang mencakup game online.

Mulligan mengatakan bahwa bekerja dengan TenCent mengurangi beberapa risiko Spotify akan menghadapi dorongan solo ke pasar Cina yang rumit.

Investasi di TenCent juga bisa berfungsi sebagai bantalan jika bisnis musik-streaming Spotify goyah.

Tidak seperti pesaing Apple dan Amazon, streaming musik adalah fokus utama Spotify.
"Ini adalah dasar untuk rencana darurat B jika bisnis inti mereka mulai menurun," katanya.
Daniel Ek, pendiri Spotify dan chief executive, mengatakan, "Spotify and Tencent Music Entertainment melihat peluang signifikan di pasar streaming musik global untuk semua pengguna, artis, musik dan mitra bisnis kami.

"Transaksi ini akan memungkinkan kedua perusahaan untuk mendapatkan keuntungan dari pertumbuhan global streaming musik."

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Spotify dan Tencent Music membeli satu saham lainnya"

Post a Comment